Cara Mendaftar KPDJ (Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta)

Haiii teman-teman kali ini kochiefrog ingin berbagi informasi tentang Cara Membuat Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta dan bagaimana syaratnya. Teman-teman Difabel tentunya sudah mendengar tentang Kartu Penyandang Disablitas Jakarta (KPDJ) yang sudah diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan.

Ini merupakan kabar baik untuk teman-teman Difabel serta kabar gembira untuk para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Program Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta saat ini hanya bisa dimiliki oleh masyarakat Difabel yang mempunyai KTP DKI Jakarta.

Saya berharap Gubernur diluar Jakarta juga membuat program seperti ini, agar teman-teman Difabel di seluruh Indonesia dapat merasakan manfaat dari kartu tersebut.

Anggaran dana yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta pada tahun ini (2019) sekitar 25 Milyar yang akan diberikan untuk 7.137 orang, dan target penerima kartu ini selanjutnya ditahun 2020 akan diperluas lagi yaitu untuk 14.459 orang.

Jadi teman-teman Difabel nantinya mendapat tunjangan dari Pemprov DKI sebesar Rp. 300.000,-/bulan yang akan diberikan setiap 3 bulan sekali. Untuk pembagian tunjangan pada tahap awal teman-teman langsung mendapat Rp. 1.800.000.- (pembagian pertama sekaligus untuk 6 bulan).

Sumber dana 25 Milyar yang didapat dari Alokasi Pajak warga DKI Jakarta, dalam hal ini Pemprov DKI bekerjasama dengan Bank DKI.

Nah mungkin teman-teman bertanya-tanya bagaimana cara mendaftarnya serta syarat apa saja yang diperlukan.

Karena saya sendiri juga sebelumnya bingung, sudah tanya ke kelurahan setempat tetapi petugas dikelurahan juga belum mendapatkan informasi dari pusat.

Setelah saya ke kantor Dinas Sosial yang berada di Jalan Gunung Sahari II akhirnya mendapatkan informasi yang cukup singkat dan jelas.

Syarat Daftar Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta
informasi pada gambar ini diambil dari Dinas Sosial

Apa saja syarat untuk membuat Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta

  • Terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT)
  • Punya KTP DKI Jakarta
  • Berada diluar Panti Pemerintah & Daerah

Nah, jika teman-teman memiliki syarat tersebut silahkan mendaftar untuk memiliki Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta.

Cara daftarnya teman-teman bisa minta Surat Pengantar dari RT/RW dengan membawa KTP, setelah mendapat Surat Pengantar dari RT/RW kemudian teman-teman langsung datang ke Kelurahan masing-masing dengan membawa fotocopy KTP dan KK masing-masing 2 lembar.

Setelah sampai di Kelurahan berkas tersebut diserahkan kepada Petugas Pusdatin Jamsos yang ada di Kelurahan masing-masing.

Pendaftaran bisa dilakukan pada hari Senin, 9 September 2019 sampai Jum'at, 13 September 2019, jangan sampai terlewat.. karena kuota terbatas untuk tahun 2019 yaitu hanya untuk 7.137 orang saja.

Apabila lewat dari tanggal tersebut teman-teman bisa kehilangan kesempatan ditahun ini artinya teman-teman harus menunggu tahun 2020 untuk mendapatkan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, sekiranya bermanfaat silahkan dishare ke teman-teman yang lainnya.

Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam informasi diatas silahkan dikoreksi melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.

0 Response to "Cara Mendaftar KPDJ (Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta)"

Post a Comment