DP BBM Hari Pramuka, 14 Agustus 2016

DP BBM Bergerak Ucapan Selamat Hari Pramuka ke 55 Gambar Animasi Gif Terbaru. Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang artinya Rakyat Muda yang Suka Berkarya. Pramuka membagi anggota ke 4 tingkatan, yang mencakup ; Pramuka Siaga (7-10 th.), Pramuka Penggalang (11-15 th.), Pramuka Penegak (16-20 th.) serta Pramuka Pandega (21-25 th.).

Gerakan Pramuka didirikan juga sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang mempunyai tujuan untuk membina golongan muda dalam meraih seutuhnya potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual serta fisiknya, supaya mereka dapat :
Membuat, kepribadian serta akhlak mulia golongan muda
Menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air serta bela negara untuk golongan muda
Tingkatkan ketrampilan golongan muda hingga siap jadi anggota orang-orang yang berguna, patriot serta pejuang yang tangguh, dan jadi calon pemimpin bangsa yang handal pada saat depan.

Gerakan Pramuka berlandaskan prinsip-prinsip basic seperti berikut :

  • Iman serta taqwa pada Tuhan Yang Maha Esa 
  • Perduli pada bangsa serta tanah air, sesama hidup serta alam 
  • Perduli pada dianya pribadi 
  • Patuh pada Kode Kehormatan Pramuka (sumber : wikipedia. com) 
  • Serta bertepatan dengan tanggal 14 Agustus ini, dengan harapan serta do'a mudah-mudahan gerakan Pramuka makin maju serta jadi media pencetak generasi bangsa yang berkwalitas


Selamat Hari Pramuka ke 55, 14 Agustus 2016
wahai para Pandu pandu negeriku.
“Kami Pramuka Indonesia, manusia Pancasila. Satya ku – ku
Darmakan, Darma ku – ku Baktikan. Agar Jaya, Indonesia. Indonesia Tanah
Airku. Kami jadi Pandumu”

DP BBM Hari Pramuka

dp bbm animasi kata kata pramuka sejati


Ucapan Hari Pramuka Pak Jusuf Kalla
"Selamat Hari Pramuka, semoga Pramuka jaya selalu dan melahirkan tunas-tunas muda yang bisa membawa bangsa kita ke arah yang lebih baik".


Ucapan Hari Pramuka Pak Aburizal Bakrie
"Selamat Hari Pramuka. Semoga dari Gerakan Pramuka lahir pemimpin-pemimpin muda Indonesia masa depan".
 
Kelahiran Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka lahir pada tahun 1961, jadi kalau akan menyimak latar belakang lahirnya Gerakan Pramuka, orang perlu mengkaji keadaan, kejadian dan peristiwa pada sekitar tahun 1960.

Dari ungkapan yang telah dipaparkan di depan kita lihat bahwa jumlah perkumpulan kepanduan di Indonesia waktu itu sangat banyak. Jumlah itu tidak sepandan dengan jumlah seluruh anggota perkumpulan itu.

Peraturan yang timbul pada masa perintisan ini adalah Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960, tanggal 3 Desember 1960 tentang rencana pembangunan Nasional Semesta Berencana. Dalam ketetapan ini dapat ditemukan Pasal 330. C. yang menyatakan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila. Seterusnya penertiban tentang kepanduan (Pasal 741) dan pendidikan kepanduan supaya diintensifkan dan menyetujui rencana Pemerintah untuk mendirikan Pramuka (Pasal 349 Ayat 30). Kemudian kepanduan supaya dibebaskan dari sisa-sisa Lord Baden Powell (Lampiran C Ayat 8).

Ketetapan itu memberi kewajiban agar Pemerintah melaksanakannya. Karena itulah Pesiden/Mandataris MPRS pada 9 Maret 1961 mengumpulkan tokoh-tokoh dan pemimpin gerakan kepanduan Indonesia, bertempat di Istana Negara. Hari Kamis malam itulah Presiden mengungkapkan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode dan aktivitas pendidikan harus diganti, seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut Pramuka. Presiden juga menunjuk panitia yang terdiri atas Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Menteri P dan K Prof. Prijono, Menteri Pertanian Dr.A. Azis Saleh dan Menteri Transmigrasi, Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa, Achmadi. Panitia ini tentulah perlu sesuatu pengesahan. Dan kemudian terbitlah Keputusan Presiden RI No.112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dengan susunan keanggotaan seperti yang disebut oleh Presiden pada tanggal 9 Maret 1961.

Ada perbedaan sebutan atau tugas panitia antara pidato Presiden dengan Keputusan Presiden itu.

Masih dalam bulan April itu juga, keluarlah Keputusan Presiden RI Nomor 121 Tahun 1961 tanggal 11 April 1961 tentang Panitia Pembentukan Gerakan Pramuka. Anggota Panitia ini terdiri atas Sri Sultan (Hamengku Buwono IX), Prof. Prijono, Dr. A. Azis Saleh, Achmadi dan Muljadi Djojo Martono (Menteri Sosial).


Panitia inilah yang kemudian mengolah Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, sebagai Lampiran Keputusan Presiden R.I Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka.

2 Responses to "DP BBM Hari Pramuka, 14 Agustus 2016"

  1. Seperti Admin Yang Tidak Pernah Berhenti Untuk Berkarya Dalam Memberikan Animasi Animasi Yang Keren Tiap Harinya. Maju Terus Tunas Tunas Muda. Jadikan Semangatmu Sebagai Cambuk Dalam Memperbaiki Bangsa Indonesia Ke Arah Yang Lebih Baik...

    ReplyDelete